Kamis, 22 November 2012

JARINGAN NIRKABEL


Pengertian jaringan nirkabel
Jaringan Nirkabel adalah salah satu jenis dari jaringan komputer yang fungsinya sebagian besar dari jaringan nirkabel ini asalah untuk hotspot area.
Kelebihan:
1.        Mempunyai kebebasan beraktifitas
2.        Proses instalasi mudah
3.        Tidak perlu menggunakan kabel
4.        Jangkauan area kerja luar
Kekurangan:
1.        Kapasitas Jaringan terbatas
2.        Keamanan data kurang terjamin
3.        Mempunyai konfigurasi yang rumit

Jenis jaringan nirkabel
1.     1. Wireless Wide Area Networks (WWANs)
Teknologi WWAN membangun koneksi nirkabel melalui jaringan publik maupun privat. Koneksi ini dapat dibuat mencakup suatu daerah yang sangat luas, seperti kota atau negara.

2.Wireless Metropolitan Area Networks (WMANs)
Teknologi WMAN untuk membuat koneksi nirkabel antara beberapa lokasi di dalam suatu area metropolitan (contohnya, antara gedung yang berbeda-beda dalam suatu kota atau pada kampus universitas.

3.        3.Wireless Local Area Networks (WLANs)
Teknologi WLAN untuk membangun jaringan nirkabel dalam suatu area yang sifatnya lokal (contohnya, dalam lingkungan gedung kantor, gedung kampus atau pada area publik, seperti bandara atau kafe). WLAN dapat digunakan pada kantor sementara atau yang mana instalasi kabel permanen tidak diperbolehkan

4. Wireless Personal Area Networks (WPANs)
Teknologi WPAN untuk membangun suatu jaringan nirkabel (ad hoc) bagi peranti sederhana, seperti PDA, telepon seluler atau laptop. Ini bisa digunakan dalam ruang operasi personal (personal operating space atau POS).

Contoh dari jaringan nirkabel
·       1.   Inframerah adalah gelombang elektromagnetik yang banyak terdapat pada telepon genggan juga dapat digunakan pada remote televisi.
·         2. Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan.

1 komentar: